Soal uji pengetahuan soal uraian informatika bab 5 bidang lintang komentar kelas 8

 Soal urain 

1. Mailings atau disebut juga mail merge membantu kita untuk

Jawaban: untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah

2. Ada 2 dokumen yang digunakan dalam membuat mailings atau mail merge, yaitu

Jawaban: a. Dokumen Master, dokumen utama atau dokumen induk yang merupakan format dari isi surat dengan isinya sama untuk semua penerima yang berbeda.

b. Data Source, yaitu dokumen data atau data yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Untuk data source dalam pembahasan ini menggunakan Microsoft Excel.

3. Keuntungan membuat surat masal (mail merge) dengan kolaborasi ini adalah

Jawaban: a. Surat yang kita buat akan lebih cepat dalam pembuatannya dibandingkan dengan pembuatan surat satu persatu.

b. Jumlah halaman untuk surat lebih sedikit.

c. Apabila isi surat yang sama dengan tujuan penerima surat dan alamat surat berbeda, hanya diperlukan

menambahkan data pada data surat

d. Data tujuan dari surat-surat tersebut (data penerima) dimungkinkan tersimpan ke database, sehingga masih dapat

digunakan untuk keperluan surat lain yang dibutuhkan

4. Keuntungan menggunakan data source atau dokumen data menggunakan program Microsoft Excel adalah 

Jawaban: a. Penggunaannya lebih cepat,

b. Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru,

c. Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki

kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya,

d. Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain

5. Rumus-rumus pada Microsoft Excel yang sering digunakan secara gabungan/kolaborasi diantaranya

Jawaban: IF, LEFT,

RIGHT, MID, VALUE, AND, OR, VLOOKUP dan HLOOKUP

6. Google Form yaitu

Jawaban: sebuah formulir yang disediakan oleh google sebagai alat untuk membantu Anda dan kita

semua dalam merancang acara, mengirim survei, memberikan kepada siswa atau orang lain suatu kuis, atau

mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang lebih efisien

7. Pengguna google form sangatlah banyak karena google form ini merupakan bagian dari Google Drive. Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, kita perlu

Jawaban: harus terlebih dahulu login ke gmail atau Google Apps.

8. Manfaat dari google form di antaranya adalah

Jawaban: a. Distribusi dan tabulasi online dari real-time

b. Real time collaboration 50 orang dapat bekerja satu berkas dalam satu waktu

c. Setiap perubahan disimpan secara otomatis

9. Kolaborasi juga diistilahkan sebagai bentuk

Jawban: kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik

individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat

dan manfaat

10. ada beberapa rumus Microsoft Excel yang dapat digabungkan di antaranya

Jawaban: a. Rumus IF yang digabungkan (kolaborasi) dengan rumus String (teks)

b. Rumus IF yang digabungkan dengan rumus Lookup

c. Rumus Lookup yang digabungkan dengan rumus String (teks)

d. Rumus IF, String dan Lookup yang digabungkan (dikolaborasikan) dalam suatu rumus.

Pembuatan rumus dimaksudkan untuk mempermudah dalam pengerjaan dan membatu kerja manusia. Terkait

rumus di sini adalah untuk memecahkan suatu persoalan dan menyelesaikan suatu proyek










Komentar